photoputu

photoputu
Life is like riding a bike. To stay balanced, you have to keep moving.

Minggu, 03 Maret 2013

pola kalimat jepang

nihon go o benkyoushimasu (kazoku)

keluarga


kyoudai = saudara

jumlah orang :
hitori /1 nin= 1 orang / sendiri
futari /2 nin= 2 orang
sannin /3 nin= 3 orang
yonin /4 nin= 4 orang
gonin /5 nin= 5 orang
rokunin /6 nin= 6 orang
sichinin /7 nin= 7 orang
hachinin /8 nin= 8 orang
kyunin /9 nin= 9 orang
jyuunin /10 nin= 10 orang
hitorikko /= anak tunggal

pola kalimat (pola kalimat ini untuk menyatakan jumlah anggota keluarga)

(jumlah) kazoku / kyoudai desu.

contoh =
- 3 nin kazoku desu (3 orang keluarga)
- A:nan nin kazoku desuka? (ada berapa anggota keluarga?)
B:6 nin kazoku desu (6 anggota keluarga)
- A:nan nin kyoudai desuka? (ada berapa bersaudara?)
B:hitorikko desu. (anak tunggal)

anggota keluarga

sendiri (untuk panggilan anggota keluarga kita sendiri *keluarga kandung*)

kakek = sofu
nenek = sobo
ibu = haha
ayah = chichi
sepupu = itoko
kakak (laki2) = ani
kakak (perempuan) = ane
adik (laki2) = otouto
adik (perempuan) = imouto

orang lain (untuk panggilan anggota keluarga orang lain)
kakek = ojiisan
nenek = obosan
ibu = okaasan
ayah = otoosan
paman = ojisan
bibi = obasan
sepupu = itoko
adik (laki2) = ototosan
adik (perempuan) = imoutosan
kakak (laki2) = oniisan
kakak (perempuan) = oneesan

pola kalimat

(saudara kandung) ga (jumlah orang) imasu.
contoh ;
-ane ga hitori imasu. (1 orang kakak perempuan)
-ane ga to otouto ga futari imasu .(2 orang kakak perempuan dan adik laki2)

to = dan

pola kalimat

(orang) wa (saudara orang lain) ga (jumlah orang) imasu.

contoh :
nadia-san wa oniisan ga futari imasu. (nadia mempunyai 2 kakak laki2)


100 = hyaku
usia
issai = 1 tahun
nisai = 2 tahun
sansai = 3 tahun
yonsai = 4 tahun
gosai = 5 tahun
rokusai = 6 tahun
nanasai = 7 tahun
hassai = 8 tahun
kyuusai = 9 tahun
jyusai = 10 tahun
jyuissai = 11 tahun
jyunisai = 12 tahun
hatachi = 20 tahun *yang paling beda sendiri dari yg lain*


oshigoto *gw aja belom afal ini semua*

komuin = pegawai negri
keisatsukan = polisi
ginkuin = karyawan bank
gunjin = tentara
shofu = ibu rumah tangga
ryoushi = nelayan
isha = dokter
kyoushi = guru
kaishain = keryawan
nouka = petani
shougakusei = murid SD
chuugakusei = murid SMP
koukousei = murid SMA
daigakusei = mahasiswa
GAIDO = pemandu (di tulis menggunakan katakana)
ENJINIA = mekanis (di tulis menggunakan katakana)

tempat2

daigaku = universitas
koukou = SMA
chuugakkou = SMP
jyougaku = SD
RESUTORAN = restoran
mise = toko
kissaten = cafe
kaishain = perusahaan

hatarakimasu = bekerja

pola kalimat

(orang) wa (pekerjaan) desu.

(jenis usaha) o yatteimasu.

contoh :
- haha wa isha desu (ibu saya seorang dokter)
- A:otousan no oshigoto wa nan desuka? (pekerjaan ayah kamu apan?)
B:chichi wa koumuin desu
-ane wa kissten o yatteimasu (kakak perempuan saya bekerja di cafe)

pola kalimat

(tempat) de hataraideimasu*
contoh:
Q : doko** de hataraideimasuka? (sedang bekerja di mana?)
A : nihon de hataraideimasu (di jepang)

*) hataraideimasu = sedang bekerja
**)doko = di mana?

ini yg makin lebih sulitnya lagi

pola kalimat (untuk menggabungkan kalimat)

(kalimat 1) de,(kalimat 2)

contoh:
-chichi wa komuin desu (ayah saya seorang pegawai negri) + daigaku de hataraiteimasu (bekerja di universitas) = chichi wa komuin de,daigaku de hataraiteimasu (ayah saya seorang pegawai,bekerja di universitas) *tidak perlu menggunakan "desu" tapi di ganti dengan "de" di akhir kalimatnya*

-ane wa daigakusei desu (kakak perempuan saya seorang mahasiswa) + nihon go o benkyoushiteimasu (belajar bahasa jepang) = ane wa daigakusei de,nihon go o benkyoushiteimasu (kakak perempuan saya seorang mahasiswa,sedang belajar bahasa jepang)

-watashi wa chuugakusei desu + SMP 2 de benkyoushiteimasu = watashi wa chuugakusei de,SMP 2 benkyoushiteimasu (saya seorang pelajar SMP,belajar di SMP 2)

sifat & gambaran fisik
baik hati = yasashii
di siplin / tegas = kibishi
rajin = majime
menarik/lucu/asik = omoshiroi
tampan = HANSAMU (di tulis menggunakan katakana)
cantik = kireii
lucu/imut = kawaii
pintar = atamagaii
ngeselin = kimoi
tinggi = sega takai
pendek = sega hikui
rambut panjang = kamiga nagai
rambut pendek = kamiga mijikai
gamuk = futotteimasu
kurus = yaseteimasu

pola kalimat

(orang) wa (gambaran sifat *contohnya kaya di atas*) desu

contoh :
-imouto wa kawaii desu (adik perempuan saya imut)
-haha wa yasashii desu (ibu saya baik hati)
- A:otousan wa donna hito desuka? (ayah kamu bagaimana?)
B:chichi wa sega takai desu (ayah saya tinggi)
-chichi wa futotteimasu*

*)tidak perlu memakai "desu",karena kata sifat futotteimasu berakhir kan bentuk kata "masu" yg menyebabkan tidak perlu memakani "desu"

udah!!sampe di sini dulu,heheheh

*mohon maaf kalau ada salah2 kata,dan kalian gak begitu ngerti pola kalimat nya [onion09] ,mohon di maklumi karna saya bukan guru atau anak sastra,cuma belajar dari senpai aku [onion06] [onion06]

kalo ada yg mau di tanyain tentang pola kalimat nya,boleh2 aja kok!!dozoooooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar